Sat Lantas Polres Kuansing Berikan Sosialisasi dan Edukasi Guna Meningkatkan Keselamatan Angkutan Umum

 



KUANTANSINGINGI,topriaunews.com

Sat Lantas Polres Kuantan Singingi melaksanakan kegiatan sosialisasi, edukasi sopir, dan ramp check kendaraan umum atau angkutan di wilayah hukum Polres Kuantan Singingi. 

Pada hari Senin (3/6/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan transportasi umum di wilayah tersebut.


Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., melalui Kasat Lantas AKP Boy Setiawan S.AP., M.SI, mengatakan, "Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi mengenai Operasi Bung Selamat, edukasi kepada sopir angkutan, pemasangan stiker, dan pemasangan scotleigh pada kendaraan umum. Operasi ini diinisiasi untuk meningkatkan kesadaran para sopir dan operator angkutan umum tentang pentingnya pemeriksaan dan perawatan kendaraan demi mencegah kecelakaan lalu lintas," jelas Kasat.


Lokasi utama kegiatan sosialisasi dan edukasi adalah di Jalan lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru, tepatnya di desa Sei Jering, Kecamatan Kuantan Tengah. Pemilihan lokasi ini strategis karena merupakan jalur utama yang sering dilalui oleh kendaraan umum dan angkutan barang.


Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung hingga selesai. Partisipasi aktif dari masyarakat dan para sopir angkutan umum menjadi kunci keberhasilan kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, Satgas Preemtif Sat Lantas Polres Kuantan Singingi berperan aktif dengan melibatkan personel yang cukup untuk melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari sosialisasi hingga pemeriksaan kendaraan.


Hasil Kegiatan yaitu Peningkatan Kesadaran Masyarakat, Masyarakat setempat telah memahami pentingnya program Bung Selamat untuk mencegah kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan umum, angkutan, dan bus. Sosialisasi yang dilakukan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang langkah-langkah pencegahan yang perlu diambil.


Edukasi untuk Sopir Angkutan, Sopir angkutan diberikan edukasi mengenai pentingnya melakukan cek dan ricek terhadap kendaraan mereka sebelum beroperasi. Hal ini mencakup pemeriksaan mesin, rem, lampu, dan komponen penting lainnya yang dapat mempengaruhi keselamatan perjalanan.


Mewujudkan Kamseltibcar Lantas, Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kuantan Singingi. Upaya proaktif dari Sat Lantas Polres Kuantan Singingi diharapkan memberikan dampak positif terhadap keselamatan transportasi umum.


Selama kegiatan berlangsung, situasi terpantau aman dan terkendali. Tidak ada insiden atau gangguan yang menghambat jalannya kegiatan. Keberhasilan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Polres Kuantan Singingi, para sopir angkutan, dan masyarakat setempat.


"Kegiatan sosialisasi, edukasi, dan ramp check ini akan terus dilakukan secara berkala guna memastikan keselamatan dan keamanan angkutan umum di wilayah hukum Polres Kuantan Singingi tetap terjaga. Dengan demikian, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir dan keselamatan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum dapat terjamin," pungkas Kasat Lantas.


Sumber: Humas Polres Kuansing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama