Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 Prodi S1 Kesehatan Masyarakat IKes PN (14 s.d 26 Maret 2024)

 



PEKANBARU - Kegiatan Pembukaan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 dilaksanakan pada 14 Maret 2024 dengan dihadiri oleh Mahasiswa/i peserta PBL, Dosen Pembimbing,  Perangkat Desa Pangkalan Baru, Dekan Fakultas Kesehatan dan Informatika, serta pihak Kecamatan Siak Hulu. Kegiatan diselenggarakan di Balai Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar dengan peserta sebanyak 54 peserta.


Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 Merupakan kegiatan lanjutan dari Pengalaman Belajar Lapangan (PBL)  1. Setelah melakukan pendataan sebanyak 307 Keluarga dan tim telah menentukan prioritas masalah dari setiap Keluarga binaan yang telah terdata, selanjutnya mahasiswa/i tim PBL melakukan intervensi pada PBL 2

Pada pelaksanaan kegiatan intervensi mahasiswa/i tim PBL dibagi menjadi 3 Kelompok Kerja (POKJA), dengan masing-masing POKJA menyelesaikan 1 permasalahan. Adapun 3 masalah prioritas yang akan di intervensi pada PBL 2 ialah adanya Keluarga yang tidak mengelola sampah dengan benar, Keluarga yang tidak mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, dan Keluarga yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin 6 bulan sekali.


Selain melakukan kegiatan intervensi POKJA, Mahasiswa/i tim PBL juga akan melakukan kegiatan intervensi kelompok kecil dan intervensi individu dengan sasaran Keluarga binaan masing-masing kelompok dan individu.


"Kegiatan PBL ini melatih kemampuan mahasiswa/i untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan bermasyarakat yang tujuannya untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang ditemukan di masyarakat, hal ini sesuai dengan visi program studi yaitu pemberdayaan masyarakat.." ujar Dekan Fakultas Kesehatan dan Informatika dalam sambutannya.


Selanjutnya beliau juga berpesan kepada mahasiswa/i peserta PBL agar dapat menjaga nama baik kampus dan mampu berbaur dengan masyarakat sehingga dapat melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan. Kegiatan ini berjalan lancar, dan harapan bersama dengan berjalannya kegiatan PBL ini mampu menghadirkan solusi dari permasalahan kesehatan di Desa Pangkalan Baru.


Terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Pangkalan Baru atas kerjasama dan dukungan sehingga terlaksana kegiatan intervensi Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 (Dhan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama