Peran Legislatif Menekan Angka Pengangguran

 


Pekanbaru - topriaunews.com

Kesempatan untuk mendapat pekerjaan dan tersedianya lowongan pekerjaan menjadi isu penting. Seiring meningkatnya usia produktif jika tidak diimbangi dengan Terbukanya lowongan pekerjaan, maka jumlah pengangguran akan terus meningkat. 


Jika kondisi tersebut dibiarkan, akan menimbulkan masalah sosial yang berujung meningkatnya angka kriminalitas. 


Untuk itu peran pemerintah yang didukung oleh legislatif menjadi sangat penting untuk menekan angka   pengangguran. 


 DPRD yang yang memiliki fungsi legislasi harus mampu membuat produk hukum yang dapat menstimulasi terbukanya  lowongan pekerjaan serta dapat melindungi para pencari kerja lokal, atau masyarakat tempatan. 


Sejalan dengan itu, hendaknya kualitas para pencari kerja juga ditingkatkan, agar mampu bersaing dengan para pencari kerja yang berasal dari luar daerah. Salah satunya mengadakan pelatihan berbasis kompetensi. 


Pelatihan ini hendaknya dapat diikuti oleh para pelajar menengah atas, mahasiswa dan masyarakat umum dengan banyak pilihan bidang keahlian. Dengan begitu masyarakat memiliki berbagai pilihan sesuai dengan minat dan bakatnya. 


Untuk mewujudkan ya diperlukan payung hukum seperti peraturan daerah agar pemerintah dapat membuat program untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja lokal dan mendorong para pengusaha membuka lowongan pekerjaan dengan mengutamakan para pencari kerja lokal. 


Juga memberi kemudahan bagi masyarakat tempatan yang ingin berwira usaha, diantaranya memberi kemudahan pengurusan perizinan, memberi pinjaman lunak untuk modal usaha, memberikan pelatihan bagi pelaku usaha seperti manajemen penyusunan laporan keuangan, manajemen produksi, dan teknik pemasaran  berbasis teknologi./Yanti



Penulis, Edtris

Ketua PAC  Partai Bulan Bintang Pekanbaru

Calon anggota Legislatif Pekanbaru dapil 6 Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama